Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling

Homeschooling merupakan alternatif belajar selain disekolah, biasanya homeschooling dilakukan oleh orang tua yang ingin tanggung jawab anaknya bisa penuh ada ditangannya. Sehingga proses pendidikan anaknya bisa terus dipantau, dengan bantuan guru professional dan menggunakan system sekolah biasanya.

Walaupun orang tua menjadi penanggung jawab utama dengan homeschooling, tetapi pendidikan homeschooling tidak hanya dan tidak harus dilakukan sendiri. Selain melakukan sendiri, orang tua dapat mengundang guru, mendaftarkan anak dalam kursus, melibatkan anak-anak pada proses magang, atau kegiatan lainnya. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dengan menggunakan homeschooling.

Kelebihan

  1. Sesuai kebutuhan anak dan kondisi keluarga dalam pengaplikasiannya.
  2. Lebih memberikan peluang untuk kemandirian anak, serta meningkatkan kreativitas individual yang tak bisa didapatkan di dalam sekolah pada umumnya.
  3. Memaksimalkan potensi anak sejak usia dini tanpa harus mengikuti standar waktu yang biasanya ditetapkan di dalam sekolah umum.
  4. Lebih siap untuk menghadapi kehidupan nyata, karena proses pembelajaran berdasarkan kepada kegiatan disekitar yang dilakukan sehari- hari.
  5. Pertumbuhan anak bisa benar- benar diawasi sehingga terhindar dari pergaulan yang menyimpang, kemungkinan besar pergaulan bebas bisa dihindari sehingga drug, tawuran, pornografi, dan mencontek bisa diminimalisir.
  6. Pergaulan dengan orang tua yang berbeda umur akan mudah didapat oleh pengguna system homeschooling
  7. Biaya yang digunakan untuk pendidikan bisa disesuaikan dengan kondisi orang tua.

Kekurangan

  1. Butuh komitmen dan keterlibatan orang tua pada saat dilakukannya pembelajaran homeschooling.
  2. Sosialisasi seumur relative rendah, sehingga anak sedikit tidak terekspose. Komunikasi yang sedikit sulit dengan anak seumuran Karena jarangnya ada interaksi social.
  3. Kurang bisa untuk bekerja dengan tim, karena jarangnya interaksi social, dalam organisasi, ataupun dalam kepemimpinan agak sedikit kurang.
  4. Perlindungan orang tua yang berlebih membuat anak sukar untuk bisa menyelesaikan masalah yang kompleks atau masalah yang tak terprediksi di kehidupan nyata.

Memang dengan kelebihan dan kekurangan yang dipaparkan, semua jenis pembelajaran bertujuan untuk kebaikan sang anak.

Andalah sebagai orang tua yang bisa menentukan apa baiknya yang bisa didapatkan oleh anak anda dalam pembelajaran, ada baiknya anda memikirkan matang- matang sebelum menentukan untuk mengambil proses pembelajaran homeschooling. Pastikan anda menentukan yang terbaik untuknya dan dengan kondisi keluarga anda.

Semoga artikel diatas bisa membuat anda referensi dalam menentukan pendidikan seperti apa pada anak anda nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *