Perbedaan Homeschooling Dengan Sekolah Biasa

Seperti yang banyak kita ketahui, bahwa homeschooling sudah menjadi metode pendidikan alternatif bagi para keluarga sekarang ini. Mungkin juga andalah salah satu yang menggunakan homeschooling. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu homeschooling dan apa perbedaan homeschooling dengan sekolah formal, selain itu kita juga akan membandingkan mengenai biaya homeschooling dengan sekolah formal. Pastikan anda menyimak artikel ini hingga tuntas tanpa meninggalkan satu katapun.

Apa itu homeschooling

Bisa dikatakan ini merupakan metode belajar yang dilakukan dirumah, dengan bantuan guru privat atau dengan orang tua sendiri sebagai gurunya. Nah dari penjelasan diatas, menurut saya sendiri homeschooling itu adalah rangkuman dari penjelasan tadi. Tidak penting siapa yang akan menjadi guru atau pembimbing anak yang melakukan homeschooling, karena orang tua bisa memilih dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan anaknya.

homeschoolingHomeschooling sendiri dalam bahasa Indonesia bisa dibilang sebagai sekolah yang dilakukan di rumah, bersekolah atau melakukan kegiatan belajar mengajar dirumah bukannya di sebuah gedung sekolahan. Itu bila menurut bahasa Indonesia, beda halnya dengan pendapat para pakar pendidikan. Mereka mengatakan bahwa kegiatan ini adalah istilah dari sekolah mandiri, sehingga tanggung jawab dalam proses dan hasil pendidikan anaknya secara penuh berada di tangan orang tua bukan pada guru atau lembaga formal sekolah.

Secara umum homeschooling adalah sebuah model pendidikan dimana rumah menjadi pusat dari kegiatan ini, secara sadar orang tua bertanggung jawab penuh atas pendidikan anaknya.

Persamaan homeschooling dengan sekolah formal:

  • Sekolah formal dan homeschooling sama- sama bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak.
  • Memiliki tujuan yang sama dimana untuk mencari kebaikan dan menggali potensi optimal yang dimiliki oleh anak.
  • Sama- sama memiliki fungsi sebagai pengantar anak- anak pada tujuan pendidikan, memiliki modal intelektual, mental, dan spiritual yang memadai untuk menghadapi masa depan dengan penuh harapan.

Nah, bila kita sudah mengerti sedikit mengenai persamaan dari kedua model pembelajaran ini. Berikut ini perbedaan dari kedua model pembelajaran ini.

  1. System pendidikan
    Sekolah formal menggunakan standar yang disesuaikan oleh lembaga sekolah dan juga departemen pendidikan nasional.
    Homeschooling lebih bertujuan kepada kebutuhan anak dan kondisi keluarga untuk mengembangkan potensinya.
  1. Fasilitas pembelajaran
    Sekolah formal memiliki fasilitas yang lengkap dan bisa dibilang memadai untuk tumbuh kembang anak, seperti perpustakaan, lab bahasa maupun sains, lapangan untuk berolahraga dan fasilitas pendukung lainnya.
    Berbeda dengan model homeschooling yang lebih prefer kepada fasilitas yang ada dirumah, semua tergantung dengan kelengkapan dari fasilitas rumah itu sendiri.
  1. Kurikulum
    Sekolah formal memiliki kurikulum yang ketat karena sudah menjadi rancangan dari lembaga sekolahan dan juga departemen pendidikan nasional. Beda halnya dengan homeschooling yang memiliki kurikulum yang fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan bakat dan minat anak itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *