Field Trip Homeschooling Pena 2018

H omeschooling Pena membuat konsep kegiatan belajar di luar kelas; Out Door Activities sebagai  implementasi pendidikan karakter dan sebagai sarana sosialisasi. Salah satunya Field Trip yang konsepnya learning by doing; Belajar  langsung dengan kondisi atau lingkungan riil. Kegiatan Field Trip kali ini dilaksanakan pada hari Senin, 03 September 2018 di PT Yakult Ngoro dan Museum Trowulan Mojokerto.

Pagi itu, Dengan penuh semangat Kami berkumpul tepat pukul 08.00 WIB di KFC A. Yani Surabaya untuk berangkat bersama teman-teman dan para guru. Tepat pukul 09.00 WIB Kami menuju Bus. Setelah berdoa bersama, Kami memulai perjalanan menuju lokasi pertama ke PT Yakult Ngoro Mojokerto. Dalam perjalanan Kami menikmati makanan ringan yang telah di sediakan dari Sekolah. Kami sangat senang dan bersemangat sekali mengikuti kegiatan ini. Kami saling bercrengkrama dengan teman-teman yang lain Selma salami perjalanan, Karena Kami mengerti ini women dimana Kami harus belajar bersosialisasi.

Tepat pukul 11.00 WIB, Kami tiba di PT. Yakult Ngoro Mojokerto setelah menempuh perjalanan hampir 2 jam dari Surabaya. Kami harus menunggu beberapa saat sebelum akhirnya Kami dibawa ke sebkha ruangan besar dimana Kami mendapat edukasi tentang semua proses di Perusahaan ini.

Namun sayang sekali selama di dalam ruangan pengolahan dan produksi kita semua dilarang untuk memotret ataupun mengambil video. Kami mengerti memang ini standar aturan Perusahaan yang harus Kami patuhi. Banyak sekali pengetahuan dan pengalaman baru yang Kami dapatkan disini, yang awalnya hanya tahu minuman Yakult melalui iklan Televisi dan sudah terkemas di Swalayan sekitar, sekarang Kami sudah mengetahui bagaimana proses pengolahan Yakult dari pengembangan bakteri baiknya, proses fermentasinya, proses pengisian Yakult ke botol kemasannya, proses filter packing Yakult jika ada kemasan yang rusak sedikitpun harus di sisihkan, hingga proses pemasaran Yakult di seluruh Dunia. Ternyata manfaat dan mutu Yakult memang sangat bagus dan steril, seht dan aman nutum dikonsumsi.

Setelah melihat prosesnya, Kami di ajak menuju suatu ruangan untuk melihat kilas balik PT Yakult melalui layar proyektor. Disini kitaa diperbolehkan mengambil gambar untuk dokumentasi karna sudah tidak di ruangan produksi. Setelah menyaksikan tayangan tersebut, kami semua memasuki sesi tanya jawab mengenai manfaat dan keamanan Yakult jika diminum lebih dari 1 botol dalam sehari baik atau tidak untuk tubuh kita ? Banyak dari orang awam masih
salah presepsi mengenai hal ini. Ternyata setelah dijelaskan Yakult aman dikonsumsi berapa botol pun sehari, karena yang lebih penting manfaat untuk tubuh ketika kita mengkonsumsi Yakult rutin setiap hari bukan seberapa banyak
dalam sehari.

Setelah mendapatkan banyak pelajaran disini, Kamipun mengakhiri kegiatan kunjungan di PT. Yakut dengan berfoto bersama dengan perwakilan Manajemen PT Yakult Ngoro Mojokerto.

P erjalanan kami lanjutkan menuju destinasi kedua yaitu Museum Trowulan Mojokerto, dari Pt Yakult ke Museum Trowulan hanya dibutuhkan jarak tempuh sekitar 1 jam. Setibanya di Museum Trowulan Kami semua istirahat dan makan siang bersama terlebih dahulu sebelum masuk ke Museum Trowulan. Dimulai dari penjelasan mengenai Kehidupan Masa Majapahit. Lalu peninggalan-peninggalan bersejarah dan patung-patung pada zaman dahulu. Kami mendapat banyak sekali pengetahuan dan ilmu mengenai Kerajaan Majapahit sehingga Kami bisa mengerti dan memahami bahwa sebelum Kemerdekaan juga ada kehidupan pada zaman pra-aksara.

Banyak sekali pengetahuan baru yang Kami dapat melalui kegiatan Field Trip ini. Ini Kegiatan yang sangat positif Tidak hanya belajar, Kami juga bisa demain bersosialisasi. Sudah tidak sabar untuk mengikuti kegiatan berikutnya. Homschooling Pena… Kereennnn… (Ardelia Nabilah Syarlita; Kelas X IPS)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *