Semarak Pekan Lomba Agustus Homeschooling Pena 2018

P eringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke 73 pada tahun 2018 ini diwarnai dengan keseruan lomba-lomba Agustusan dimana-mana termasuk di Homeschooling pena. Hari kemerdekaan merupakan tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus terus kita pertahankan. Maka sudah sepatutnya kita sebagai Bangsa Indonesia mengenang jasa-jasa pahlawan kita yang sudah membela bangsa Indonesia di dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dengan  turut serta memeriahkan pesta kemerdekaan ini.

Homeschooling Pena punya cara tersendiri dalam mengemas event lomba Agustusan yang sudah menjadi event annual; diselenggarakan setiap tahun. Peserta Didik Homeschooling Pena  wajib berpartisipasi dalam memperingati Peraayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 dengan mengikuti berbagai macam perlombaan yang diadakan oleh Sekolah yang diselenggarakan pada setiap hari Senin selama Bulan Agustus. Tahun ini lomba-lomba diselenggarakan dengan konsep outdoor di Taman Bungkul Surabaya sebagai implementasi konsep pendidikan karakter; yakni menanamkan jiwa nasionalisme dengan tujuan utama memberi kesempatan untuk bersosialisasi. Berikut lomba-lomba yang dihelat diantaranya yaitu :

  1. Lomba Lari Karet Estafet
    Karet di taruh di sedotan peserta pertama kemudian karet didistribusikan secara estafet ke peserta kedua yang juga membawa sebuah sedotan, lalu ke peserta ketiga, selanjutnya di masukkan ke dalam wadah. Kesabaran, keuletan dan kekompakkan sangat diperlukan dalam permainan ini, karena jika terlalu terburu karet akan jatuh dan permainan harus di mulai dari awal lagi.
  2. Lomba Memasukkan Paku dalam Botol
    Paku diikat dengan seutas tali kemudian dililitkan di pinggang dan peserta lomba berusaha memasukkan paku tersebut ke dalam botol. Diperlukan fokus dan keseimbangan untuk menjaga paku tidak bergoyang-goyang dan kemampuan memperkirakan ujung paku masuk dalam mulut botol sangat diperlukan.
  3. Makan Krupuk
    Dalam lomba ini para peserta berusaha memakan kerupuk yang digantung di atas tali yang ditempatkan di atas kepala para pemain. Tujuan permainan adalah menghabiskan kerupuk yang digantung dan pemenangnya adalah yang berhasil menghabiskannya pertama kali. Makan kerupuk tentu saja mudah, tapi coba lakukan dengan tangan yang diikat di belakang dan tak boleh digunakan untuk membantu memegang krupuk yang bergoyang-goyang.
  4. Mengapit Balon
    Balon diapit dengan kedua kaki oleh peserta pertama dan perjalan menuju peserta kedua dengan saling berpegangan dan tanpa meyentuh balon mereka berusaha memindahkan balon tersebut ke peserta selanjutnya, sampai ke peserta teraakhir yaitu peserta keempat yang akan berjalan mengapit balon menuju garis finish.
    Permainan ini tentunya dibutuhkan kekompakan dan kerjasama Tim dan juga keseimbangan karena jika tidak maka balon akan terjaatuh dan permainan harus diulang dari awal.
  5. Membaca Teks Proklamasi
    Lomba ini diikuti oleh peserta secara individu, mereka membacakan Teks Proklamasi di depan publik; teman teman, Orangtua dan Panitia lomba. Tujuan diadakannya perlombaan ini adalah agar  setup peserta didik berani tampil di depån mum dan bisa mengenang sera menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.
  6. Mewarnai dan Menggambar Topi Contong
    Peserta Didik menggambar di kertas manila yang sudah dibentuk berupa topi kerucut dengaan tema “Perjuangan” sesuai dengan kreasi mereka masing-masing. Kemudian setelah digambar mereka memberikan warna pada gambar yang Sudan dibuat.
    Pelajaran yang di dapatkan yaitu mereka bisa menggambarkan bagaimana dan apa saja peralataan serta keadaan ketika pada jaman perjuangan dahulu sebelum merdeka. Tujuannya adalah menanamkan rasa syukur akan anugerah kemerdekaan ini.
  7. Menangkap Belut
    Lomba ini diikuti oleh peserta secara individu, dengan memindahkan belut satu persatu menggunakan tangan kosong dan berlari dari wadah satu ke wadah lainnya. Penilaian dilakukan berdasarkan siapa paling cepat memindahkan belut sebanyak 2 ekor ke dalam wadah lainnya.
    Tentunya permainan ini sangat membutuhkan ketangkasan dan keberanian karena tekstur belut yang sangat licin ditambah dengan gerakannya yang sangat aktif maka peserta harus bisa cepat dan tepat dalam memindahkan belutnya.

P esan moral dari kegiatan lomba-lomba Agustusan ini adalah ‘Kemerdekaan tidak diraih dengan gratis, tapi dengan perjuangan keras berdarah-darah. Sudah sepatutnya generasi muda Bangsa Indonesia bisa menghargai arti kemerdekaan ini dengan mengisi dengan hal-hal positif dan prestasi-prestasi membanggakan’. Masih ada banyak lagi lomba yang mereka ikuti lainnya. Para Peserta didik sangat senang dan sangat bersemangat mengikuti setiap perlombaan. Tentunya Homeschooling Pena akan memberikan apresiasi dan hadiah kepada semua peserta lomba dan para pemenang yang akan diberikan pada kegiatan Outbond di awal Semester II 2018/2019 nanti.

DIRGAHAYU INDONESIAKU… JAYALAH SELALU

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *