TIPS MENJADI PRIBADI YANG BAIK

Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena, 13 Mei 2019

Manusia diciptakanTuhan sebagai makhluk hidup yang paling sempurna dibanding ciptaan yang lainnya. Tiap makhluk hidup memiliki sifat yang berbeda , namun hal ini sudah menjadi sesuatu yang wajar karena dapat menciptakan keragaman. Sifat manusia dapat dinilai oleh orang lain, antara sifat baik dan sifat buruk yang dibawakannya. Kebanyakan orang memilih sifat baik karena dengan berlaku baik mudah diterima dilingkungan manapun dia berada.

Meniatkan kebaikan bagi orang lain  memang susah dilakukan, namun bersikap baik dapat membantu mewujudkan keinginan . Beberapa orang mengartikan bahwa kata “baik” sifatnya  abstrak dan memiliki cakupan yang luas. Sama seperti kata “stress”, individu sering kecewa, marah dan sedih jika disebut stress.

Stress adalah suatu tekanan yang disebabkan karena beban yang dirasakan. Beban tersebut dapat berasal dari dalam diri manusia atau dari luar misalnya beban pekerjaan. Tekanan-tekanan yang muncul disebabkan karena adanya kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan. Untuk mengurangi beban yang berat sehingga dapat memicu stress, sebaiknya individu  memiliki fikiran positif  dalam menghadapi suatu permasalahan.  Berikut ini beberapa tips menjadi orang baik yang telah dibagi menjadi 4 unsur :

  1. Kelembutan dalam Bersikap

Ketika kita bertindak dalam kebaikan, maka akan lebih berhati-hati dalam menjalankan segala hal, misalnya cara bersikap dan memperlakukan orang lain. Orang yang berorientasi dalam kebaikan, memiliki sifat yang lembut, peka dan memiliki attitude yang baik. Sekalipun memberikan teguran ,mereka tetap menggunakan kata-kata sopan dan halus sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain

2. Kesediaan Memberikan Bantuan

Orang-orang yang berorientasi pada kebaikan, selalu berusaha melakukan hal-hal baik yang dapat mempermudah dan meringankan beban orang lain. Kesediaan memberikan bantuan terhadap orang lain adalah sikap yang dilakukan bukan hanya asal kerja, tetapi sikap yang memotivasi dirinya agar selangkah lebih maju. Pribadi yang seperti ini lebih mengutamakan kepentingan orang lain, sekalipun pekerjaan mereka harus tertunda untuk dipenuhi.

3. Kerelaan

Kebaikan akan menginspirasi untuk bersikap  rendah hati, mau mengalah dan rela dalam melakukan sesuatu hal. Kerelaan ini dilakukan untuk membahagiakan pihak lain. Orang yang memiliki sifat baik, biasanya menghindari adanya konflik dan pertengkaran yang tidak perlu dilakukan. Mereka berhati-hati dalam bertindak, lebih memikirkan konsekuensi terlebih dahulu sebelum bersikap.

4. Inisiatif  yang Baik

Orang yang memiliki hati baik, juga memiliki fikiran yang baik. Ia akan memikirkan langkah-langkah untuk terus maju dan berkembang dikemudian hari. Apabila seseorang ingin melakukan kebaikan, tidak harus menunggu dorongan dari beberapa pihak, namun dorongan tersebut berasal dari hati mereka atau sering disebut dengan panggilan jiwa.

Belajar menjadi baik sangat membutuhkan dorongan dari teman, keluarga dan lingkungan. Beberapa motivasi, komitmen dan kedisiplinan perlu diterapkan. Belajar menjadi pribadi yang baik bagaikan naik ke gunung dan menjadi pribadi yang jelek seperti turun gunung, sangatlah  mudah untuk turun gunung. Tidak perlu usaha berat dan sangat ringan. Tetapi sebaliknya jika naik, butuh tenaga, upaya yang disengaja dan stamina.

Sumber: Homeschooling Pena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *