Homeschooling Pena Surabaya – Sebagai orang tua tentu menjadi tantangan tersendiri untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak terutama mengingat tak semua anak cocok mengikuti pendidikan sekolah formal. Itu sebabnya, Homeschooling Pena Surabaya hadir sebagai alternatif sekolah formal dengan pengalaman belajar yang lebih baik.

Homeschooling atau Sekolah Formal?

Homeschooling atau Sekolah Formal?

Ketika si kecil menginjak usia sekolah, orangtua harus membuat keputusan penting perihal pendidikan anak. Mulai dari tempat sekolah, jenis sekolah hingga biaya sekolah mulai harus dipikirkan. Salah satu pertanyaan yang sering muncul yakni apakah homeschooling lebih baik daripada sekolah umum atau sebaliknya?

Untuk memilih mana yang lebih tepat homeschooling atau sekolah formal, setidaknya orangtua perlu mempertimbangkan beberapa hal yakni kualitas pendidikan, biaya dan jarak. Sekolah formal merupakan pilihan favorit orang tua yang tak ingin ribet mengurus perihal jadwal sekolah, materi belajar maupun metode belajar anak. Orang tua dan anak hanya perlu mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh lembaga pendidikan sekolah formal.

Tapi, tak sedikit pula orang tua yang mempercayakan homeschooling terbaik di Surabaya dalam pendidikan anaknya. Padahal baik sekolah formal maupun homeschooling sama-sama lembaga pendidikan legal yang diakui negara. Keduanya menawarkan model pendidikan yang bertujuan untuk mendidik anak dengan ilmu pengetahuan yang memadai demi masa depan mereka.

Baik homeschooling daerah Surabaya dan sekolah formal sama-sama menerapkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang mencakup pendidikan nasionalisme, IPTEK, olahraga, kesehatan dan estetika. Kedua lembaga pendidikan ini juga menawarkan Ujian Nasional (UN) bagi peserta didiknya. Yang membedakan keduanya adalah metode pendidikan yang ditempuh.

Perbedaan tersebut bisa Anda lihat di Homeschooling Pena Surabaya yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik di Surabaya. Homeschooling ini melaksanakan sistem pengajaran yang dilakukan di rumah siswa maupun di lokasi yang disepakati oleh orang tua, pengajar dan siswa. Sedangkan sekolah formal mengadakan kegiatan mengajar di gedung sekolah.

Homeschooling Pena juga menerapkan aturan yang lebih fleksibel daripada sekolah formal. Pengajar dan orang tua bisa berkoordinasi mengatur mata pelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan anak bukan menurut kurikulum yang diatur oleh pihak sekolah. Meski demikian, kualitas pendidikannya tetap setara dengan sekolah formal dan peluang anak homeschooling sukses pun tetap sama seperti anak-anak yang belajar di sekolah formal.

Bila Anda lebih mengedepankan kemudahan dalam pengawasan dan proses belajar anak, metode belajar homeschooling layak dipertimbangkan. Homeschooling memungkinkan Anda mengawasi aktivitas anak sekaligus lingkungan bermain anak. Orang tua juga bisa mengatur jadwal belajar sesuai dengan kebutuhan anak dan kesepakatan dengan pengajar. Hal ini juga bisa Anda lakukan bersama dengan Homeschooling Pena dimana proses pembelajaran lebih mengutamakan minat dan gaya belajar anak.

Segi Positif Homeschooling

Segi Positif Homeschooling

Baik sekolah formal maupun homeschooling memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, sepanjang asupan materi pelajarannya terpenuhi serta menerapkan pola belajar yang sesuai dengan bakat anak, maka kualitas lulusannya bisa berkualitas. Untuk itu, bila memilih homeschooling pastikan lembaga pendidikan tersebut memiliki pengalaman memadai dan kualitas pendidikan yang bagus, seperti Homeschooling Pena Surabaya.

Di samping bisa menyusun jadwal belajar sendiri, segi positif dari homeschooling adalah bisa menentukan biaya sekolah sesuai dengan kondisi keuangan keluarga. Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh orangtua siswa sekolah formal adalah biaya pendidikan yang mahal. Biaya tersebut mencakup uang pangkal, buku, seragam, uang gedung dan biaya lainnya.

Dengan mengikuti homeschooling murah di Surabaya, Anda bisa menghemat biaya pendidikan. Hal ini karena biaya pendidikan homeschooling bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Anda tetap harus mempersiapkan biaya untuk pembelian buku panduan, alat peraga belajar maupun aktivitas di luar homeschooling. Tapi, secara umum biaya pendidikan homeschooling bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi orangtua sehingga tak terlalu memberatkan seperti sekolah formal.

Lalu, bagaimana dengan proses Ujian Nasional untuk homeschooling?

Peserta homeschooling ternyata tetap mengikuti Ujian Nasional layaknya sekolah formal. Hanya saja peserta homeschooling tak menjalani Ujian Nasional di jalur formal melainkan di jalur informal melalui UN Pendidikan Kesetaraan (Paket) atau UNPK. Ujian Nasional di jalur informal seperti ini biasa diterapkan untuk peserta didik lembaga non formal. Namun, ada pula beberapa daerah yang memperkenankan peserta homeschooling untuk mengikuti Ujian Nasional di sekolah formal.

Meski boleh mengikuti UN di sekolah formal sekalipun, peserta homeschooling harus benar-benar mempersiapkan diri dalam menghadapi UN. Pelaku homeschooling juga harus selektif dalam melaksanakan UN. Meski biaya homeschooling murah, pengelola homeschooling harus memperhatikan kesiapan kondisi psikologis peserta didik dalam menghadapi UN.

Di samping itu, pengelola homeschooling juga perlu mempersiapkan peserta didiknya mulai dari kurikulum homeschooling. Biasanya kurikulum homeschooling terbagi sesuai usia, mulai dari preschool hingga preteen dan tingkat SMA. Contoh kurikulum homeschooling umumnya lebih santai, natural dan tidak terlalu berfokus pada target akademis karena pembelajaran mengikuti rasa ingin tahu anak.

Kurikulum tersebut bisa mengacu pada kurikulum sekolah formal maupun sekolah luar negeri yang disesuaikan dengan minat, karakter dan perkembangan peserta didik. Itu sebabnya dalam sistem pendidikan homeschooling Anda bisa menemukan metode pembelajaran yang bervariasi, bisa melalui visual, pendengaran maupun kinestesis. Penerapan kurikulum homeschooling seperti ini dipercaya mampu mendorong peserta didik mencapai potensi maksimalnya.

Homeschooling Bagus di Surabaya

homeschooling bagus di surabaya

Jika Anda mempercayakan pendidikan anak kepada Homeschooling Pena di Surabaya, anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang tak terlupakan. Hal ini karena setiap anak akan dibimbing menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Biaya Homeschooling Pena Surabaya yang terjangkau turut menjadikan lembaga ini pilihan terbaik di kelasnya.

Homeschooling Pena merupakan pilihan ideal bagi orang tua yang ingin mengembangkan bakat anak seoptimal mungkin. Mulai dari sistem belajar yang fleksibel, materi pelajaran berfokus pada inti Ujian Nasional serta tenaga pengajar yang handal merupakan beberapa kelebihan dari lembaga homeschooling ini. Homeschooling Pena juga menawarkan layanan sistem online melalui aplikasi. Aplikasi berbasis Android ini menjadi platform pembelajaran dalam jaringan yang bisa dipakai juga untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), perpustakaan online, pendaftaran online hingga pelaporan hasil perkembangan belajar online.

Dengan mempercayakan pendidikan anak di lembaga Homeschooling Pena, Anda bisa lebih tenang ketika mencari pendidikan terbaik untuk anak. Sebagai orang tua Anda tak perlu khawatir perihal lingkungan bermain anak, teman-teman anak maupun materi pelajaran yang diberikan. Semua materi pembelajaran akan diberikan bersama dengan kegiatan aplikasi di lapangan sehingga perkembangan anak bisa seimbang.

Bagi orang tua yang masih awam, pendidikan homeschooling memang masih dipandang sebelah mata. Namun, Homeschooling Pena Surabaya membuktikan kalau lulusan homeschooling pun bisa berkarya dan berprestasi. Di samping kualitas lembaga homeschooling, keterlibatan orang tua juga menjadi faktor penting bagi keberhasilan program homeschooling. Berikan bimbingan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh anak serta libatkan anak dalam pengambilan keputusan pemilihan materi pelajaran maupun jadwal belajar. Dengan begitu kebutuhan pendidikan anak pun akan terpenuhi secara optimal.

Homeschooling Pena Surabaya, Pilihan Terbaik Pendidikan Anak Selain Sekolah Formal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *