Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 telah dibuka, pemerintah menetapkan pembukaan SNMPTN sampai pada tanggal 24 Februari 2021, dengan kata lain peserta didik memiliki kesempatan untuk mendaftar menjadi calon mahasiswa sampai pada tanggal tersebut. Sama seperti pada tahun – tahun sebelumnya, saat awal-awal peserta didik masih belum banyak mendaftar, hanya sekedar melakukan cek perguruan tinggi dan juga program studi yang akan menjadi pilihan mereka.
Menjelang penutupan pendaftaran para siswa akan banyak yang mendaftar. Maka dari itu, Ketua Tim Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yaitu Prof. Mohammad Nasih mewanti-wanti agar peserta didik memanfaatkan waktu yang ada sebelum penutupan untuk mendaftarkan diri di SNMPTN 2021. Pembukaan pendaftaran SNMPTN 2021 juga tertuang dalam Surat Edaran Nomor 05/SE.LTMPT/2021. Prof Nasih juga mengungkapkan kepada peserta didik untuk membaca dan memahami persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar SNMPTN, kalau sudah yakin baru lanjut untuk mendaftar.
Surat Edaran tentang pembukaan pendaftaran SNMPTN 2021 menyebutkan bahwa peserta didik bisa mendaftar jika sudah memiliki akun LTMPT secara permanen. Kemudian syarat administrasi siswa tersebut terlengkapi atau dinyatakan eligible oleh sekolah serta memiliki nilai yang lengkap di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

Baca juga Homeschooling Pilihan TerbaikPendidikan Anak Selain Sekolah Formal

Tahapan dalam melakukan pendaftaran SNMPTN 2021 adalah sebagai berikut;
Pertama peserta didik melakukan log in di portal LTMPT dengan menggunakan akun yang telah teregistrasi. Kedua, pada halaman profil peserta mengisi kelengkapan data orang tua. Ketiga, peserta melakukan pendaftaran dengan mengisi pilihan prodi yang dapat dipilih di halaman pilihan. Keempat, peserta mengisikan protofolio, jika program studi yang dipilih mencantumkan syarat portofolio. Kelima, peserta melakukan pengisian prestasi pada halaman prestasi jika peserta memiliki prestasi sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang dipersyaratkan. Keenam, jika semua data telah diyakini benar, peserta melakukan finalisasi pada halaman finalisasi dan data tidak akan bisa dirubah ketika sudah difinalisasi. Ketuju, peserta mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Peserta yang melakukan pendaftaran SNMPTN 2021 disarankan untuk tidak lintas minat/jurusan serta disarankan untuk tidak mendaftar pada saat menjelang penutupan pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *